5. Ring untuk Anakan Canary …..

CARA PASANG RING PADA  ANAKAN CANARY

Pemasangan ring pada burung kenari dilakukan pada saat anakan kenari berumur 5 – 10 hari. Jika pemasangan ring dilakukan setelah kenari remaja/dewasa dan dipaksakan akan berdampak pada pembengkakan pada kaki kenari, patah , pengkor bahkan kematian pada kenari. Bila ring dipasangkan pada kenari remaja/dewasa dengan ukuran diameter ring lebih besar tentunnya bisa saja, akan tetapi akan  terlihat janggal dan kenari cenderung suka menggigit-gigit ring atau cincin-nya.

Teknik pemasangan Ring atau Cincin pada kenari :

  1. Anakan kenari berusia 5 – 10 hari.
  2. Siapkan ring/cincin yang akan dipasangkan.
  3. Pegang anakan kenari se-fleksibel mungkin (tulang masih rawan patah)
  4. Masukan terlebih dahulu ketiga kaki depan pada ring, setelah ketiga jari depan masuk, jari keempat ditarik keluar dan secara perlahan ditarik keatas hingga semua jari kaki masuk.  (perhatikan identitas ring jangan terbalik)
  5. Bila ukuran kaki anakan kenari agak besar, sebaiknya pemasangan dibantu denganmengoleskan kaki dan ring dengan ; hand body atau baby oil atau minyak tawon.
  6. Jika pemasangan ring telah selesai, amati anakan kenari yang telah terpasang ring/cincin selama 1 minggu  agar ring/cincin tidak merosot keluar. Hal ini pentingkarena aktifitas anakan kenari dapatmengeluarkan ring/cincin tetapi hanya sebatas

pergelangan jari,bila hal ini terjadi segera mungkin masukan kembali ring tersebut keposisi semula. Jika hal ini di biarkan akan menyebakan cacat permanen pada jari setelah kemari besar pada bagian jari  kaki kenari.

Tujuan memasangan Ring atau Cincin  pada burung kenari :

  • Ring  dipasangakan pada hasil tangkaran bertujuan  sebagi sertifikat keasliaan  hasil penangkaran dari jenis atau crossing tertentu.
  • Ring merupakan prestise dari penangkar.
  • Ring  merupakan,  peran aktif  penangkar / penghobi dalam ikut serta melestarikan burung dari kepunahan.

Kalau kita mengacu pada Negara Inggris yang telah memiliki Undang-undang Konserfasi Perlindungan  unggas ; Ring atau cincin pada burung merupakan kewajiban, orang tidak boleh menjual atau memelihara burung yang ada di wilayah Inggris tanpa memakai ring/cincin.   Ring/cincin merupakan tanda bahwa burung itu adalah burung tangkaran, bukan burung tangkapan liar atau burung yang dilindungi.

Bila kita kepasar burung hati ini merasa miris dan sangat ironi melihat burung-burung liar dijarah dan diperjual belikan dengan bebasnya. Bila kita memutar waktu sekitar  25 tahun yang lalu   kicauan merdu  burung-burung  ;  gelatik, manyar, kutilang, jalak,  dll   masih menghiasi pagi kita dengan indahnya, namun sekarang …… apakah kicau mereka masih terdengar lagi …..  !!!  Semoga hal ini tidak berkelanjut dan pembesar-pembesar kita segera sadar dan membuat peraturan atau undang-undang yang tegas terhadap para penjarah  alam  flora maupun fauna sebelum punah   dan hanya cerita, dongeng belaka untuk menina-bobokan anak – cucu kita.

by, Drs. Bagus Hariyanto Hannover, SH
{ http://matrixcanary.co.cc }

~ oleh Drs. Bagus Hariyanto Hannover, SH pada November 22, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: